Di Balik Secreto.site


Di zaman teknologi seperti sekarang, rasa-rasanya manusia tidak berhenti untuk melahirkan sesuatu yang baru. Semua orang berlomba-lomba membuat terobosan demi terobosan untuk mendapatkan perhatian orang lain. Seperti layaknya situs Secreto.site yang mencoba menyingkirkan aplikasi penyampai pesan seperti Ask.fm dan Sarahah yang lebih dulu hits di kalangan pengguna media sosial.

Yang membedakan Secreto dengan Ask.fm atau Sarahah adalah ia berupa situs, bukan berupa aplikasi yang harus didownload terlebih dahulu oleh si calon pengguna. Selain itu, Secreto tidak muluk-muluk dalam soal pendaftaran. Cukup mengunjungi situs Secreto.site lalu mengisi identitas yang diminta, seseorang sudah tergabung menjadi pengguna Secreto.

Untuk cara kerjanya sendiri, pengguna cukup membagikan link Secreto yang ia miliki ke media sosial. Dan sesudah itu, pengguna tinggal menunggu pesan yang dikirimkan orang lain untuk dirinya.

Lalu, apa sih Secreto secara spesifik?

Secreto adalah situs yang dapat digunakan untuk megirimkan pesan secara rahasia tanpa diketahui identitas pengirim.

Menurut pengertian di atas, kata kuncinya adalah RAHASIA. Sesuai dengan namanya, Secreto yang berarti rahasia.

Dengan sifat Secreto yang rahasia, maka ini adalah ladang emas untuk orang-orang yang hendak mengirim pesan tanpa takut khawatir diketahui identitasnya. Hal tersebut banyak dimanfaatkan terutama oleh orang-orang yang memendam rasa tidak suka kepada seseorang atau yang biasa disebut haters.

Haters cenderung tidak berani untuk menyampaikan rasa ketidaksukaannya secara langsung. Tandanya, ia hanya berani menyampaikan lewat media sosial atau dengan membicarakannya di belakang. Sementara jika bertemu dengan orang yang ia benci secara langsung, ia hanya diam dan berpura-pura tidak ada apa-apa.

Dengan adanya Secreto, ia akan memanfaatkan situs ini dengan sangat baik. Ia akan menyampaikan hate speech kepada pengguna yang ia rasa telah membuatnya jengkel.

Lalu, apa itu hate speech?

Hate speech adalah perkataan, perilaku, tulisan ataupun pertunjukan yang dilarang karena dapat memicu terjadinya tindakan kekerasan dan sikap prasangka entah dari pihak pelaku pernyataan tersebut ataupun korban dari tindakan tersebut. Namun, masyarakat biasa mengartikannya dengan ujaran kebencian.

Jadi, sejauh ini dapat disimpulkan bahwa Secreto memiliki sisi positif maupun negatif, sama seperti aplikasi atau situs-situs sejenisnya. Di sisi lain, Secreto mampu meningkatkan rasa keterbukaan dan rasa percaya diri orang lain untuk menyampaikan sesuatu yang mungkin tidak mampu diungkapkan secara langsung. Di sisi lain juga, Secreto mampu meningkatkan hate speech di kalangan pengguna media sosial.

Sekarang, semua tergantung bagaimana cara kita menyikapi segala sesuatu yang terjadi di zaman teknologi seperti ini. Yang perlu kita ingat adalah apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Artinya apa yang akan terjadi di masa depan adalah cerminan kita di masa sekarang. Sebagai contohnya seperti seseorang yang memojokan orang lain, mungkin di kemudian hari dirinya lah yang akan terpojokan.

Jadilah pengguna media sosial yang cerdas dan bijak ya!







Komentar

Postingan populer dari blog ini

50 Colleges in USA With Full-Ride Scholarships

Perkembangan Bahasa Indonesia

Sering Dipandang Kesepian, Padahal Inilah 5 Manfaat Saat Sendiri